Kamis 25 Sep 2014 08:41 WIB

Ini kriteria Para Menko Jokowi-JK

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Mansyur Faqih
Joko Widodo
Foto: EPA/Adi Weda
Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) merampungkan kriteria menteri kordinator (menko) yang akan diusulkan ke presiden dan wapres terpilih. Rekam jejak panjang dan senioritas diakui menjadi salah satu syarat seorang kandidat menko.

Deputi tim transisi, Andi Widjayanto mengatakan, sebagai kordinator para menteri, seorang menko harus punya kelebihan dalam sisi senioritas dan pengalaman. Selain itu, menko harus punya kemampuan crosscutting analysis.

"Inti dari seorang menko ada di sana yakni crosscutting analysis (analisis pemecahan masalah yang terintegrasi)," kata Andi, Kamis (25/9).

Dia menjelaskan, seorang menko polhukam harus punya kriteria militer. Seperti, jendral bintang empat dengan kompetensi mantan panglima atau KASAD. Sebab, dia akan mengkonsolidasikan jajaran TNI/Polri. 

Sedangkan, menko perekonomian harus menguasai ekonomi makro. Termasuk mengelola suatu kebijakan fiskal dan punya pengalaman di bidang tersebut. Kemudian, menko kesra adalah orang punya paradigma kerakyatan kuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement