Selasa 23 Sep 2014 14:22 WIB

26 Samsat Raih Sertifikat ISO 9001:2008-IWA 4

Samsat
Foto: tmcblog.com
Samsat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Tim Pembina Samsat Jabar yang terdiri dari Dirlantas Polda Metro Jaya dan Dirlantas Polda Jabar telah mendapatkan Sertifikat SNI ISO 9001:2008-IWA 4 dengan ruang lingkup pelayanan pembayaran BBNKB, PKB, SWDKLLJ, Penerbitan dan Pengesahan STNK.

Direktur Quality Proforma, Prioyono, mengatakan, agar penyelenggaraan pelayanan publik optimal diperlukan suatu standar yang mengatur kegiatan tersebut dijalankan. Aturan tersebut dituangkan dalam bentuk kegiatan yaitu sertifikasi sistem mutu berdasarkan standar ISO 9001:2008.

Namun, menurutnya, untuk lembaga pemerintah yang melaksanakan pelayanan publik standar ISO 9001:2008 tidaklah cukup dan harus dilengkapi standar lain yakni internasional working agreement (IWA). “Khususnya untuk Samsat, standar IWA yang digunakan adalah IWA-4,” katanya, Senin (22/9) lalu.

Setidaknya, kata dia, ada empat ketentuan dalam standar tersebut yakni transparansi, non diskriminasi, standardisasi, dan etika pelayanan. Untuk mencapai hal tersebu,t paling tidak ada 20 unsur penilaian dimana salah satunya adalah pemenuhan terhadap persyaratan umum, tanggung jawab, komunikasi, dan audit internal.

“Berdasarkan hasil evaluasi secara keseluruhan dapat dinyatakan bahwa 26 Samsat di wilayah Polda Metro Jaya dan Jabar mendapat sertifikat ISO 9001:2008-IWA 4. Sertifikat ini berlaku 3 tahun dan setiap tahun ada penilaian ulang,” katanya.

Plt Kadispenda Jabar Iwa Karniwa mengatakan, dengan adanya sertifikasi ISO ini pelayanan terhadap masyarakat akan lebih terstandarisasi. “Pelayanan juga sesuai tuntutan masyarakat dan jauh lebih baik,” paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement