Senin 22 Sep 2014 21:15 WIB

LIPI Gelar Bioresources Expo

Rep: C87/ Red: Julkifli Marbun
LIPI
LIPI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar Expo tentang sumber daya alam hayati atau Bioresources di IPB ICC dan Bogor Botani Square, Jawa Barat, Rabu-Sabtu (24–28/9). Expo tersebut dimeriahkan berbagai acara.

Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati, mengatakan latar belakang acara tersebut didasarkan pada keinginan untuk membuka wawasan dan pengetahuan tentang pemanfaatan Bioresources di Indonesia. Acara tersebut bekerja sama dengan Management Center Innsbruck (MCI). Acara tersebut terdiri atas konferensi, seminar, pameran dan ekspos hasil penelitian LIPI yang terkait dengan sumber daya alam hayati.

Enny mengatakan salah satu topik dalam seminar pada acara tersebut antara lain mengupas peran Bioteknologi dalam Peningkatan Populasi dan Mutu Genetik Ternak untuk Mendukung Kemandirian Daging dan Susu Nasional.

Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Syahruddin Said, mengatakan salah satu riset yang dilakukan adalah kerjasama dengan peternakan Tri “S” Tapos untuk meningkatkan populasi dan mutu genetik ternak melalui aplikasi teknologi reproduksi inseminasi buatan (IB) dan transfer embrio (TE) di Indonesia.

“Kegiatan ini menjadi cikal bakal kegiatan transfer embrio di daerah dan telah tercatat berbagai keberhasilan kelahiran sapi unggul hasil transfer embrio ini,“ kata Syahruddin dalam pernyataan kepada wartawan, Senin (22/9).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement