Sabtu 20 Sep 2014 17:04 WIB

Rakernas Usul Megawati Jadi Ketum, Puan Minta Tunggu Kongres

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Mansyur Faqih
Ketua DPP PDIP Puan Maharani (kiri).
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Ketua DPP PDIP Puan Maharani (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Ketua Panitia Pelaksana Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan ke-IV, Puan Maharani mengatakan usul 33 pengurus DPD agar Megawati Soekarnoputri kembali menjadi ketua umum tidak mengubah bobot keputusan rakernas. 

Keputusan rakernas tetap berada di bawah keputusan kongres partai. 

"Rakernas tetap rakernas. Kongres tetap kongres. Tidak bisa dalam rakernas ada semikongres," kata Puan di sela agenda rakernas, Marina Convention Center Semarang, Sabtu (20/9).

Betapa pun besarnya dukungan DPD terhadap Megawati, Puan menyatakan dukungan tersebut tetap harus disahkan melalui mekanisme kongres. Untuk itu rakernas akan merekomendasikan Megawati kembali menjadi ketua umum di kongres pada April 2015. "Semua itu diputuskan sesuai mekanisme internal yang berlaku di PDIP," ujar Puan.

Ketua Bidang Politik DPP PDIP itu bersyukur Megawati bersedia dicalonkan kembali sebagai ketua umum. Ia menilai Megawati sebagai sosok penting dalam menjaga persatuan partai. 

"Sosok Ibu Mega yang menjadi perekat dan pemersatu di kami," katanya.

Menurut Puan kembali majunya Megawati sebagai ketua umum tidak akan menghalangi proses regenerasi di internal partai. Puan, mencontohkan, Megawati sebagai ketua umum telah berhasil menjadikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden. 

"Regenerasi saya rasa di PDIP sudah banyak sekali. Contohnya Jokowi diusulkan Ibu Mega bisa menjadi presiden," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement