Sabtu 20 Sep 2014 15:54 WIB

Wamentan: Persediaan Hewan Kurban Nasional Cukupi Kebutuhan

Jual hewan kurban
Foto: Republika/Musiron
Jual hewan kurban

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengatakan, persediaan hewan kurban secara nasional mampu memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Idul Adha.

"Inikan merupakan suatu siklus tahunan, karena peternak sudah mengantisipasi, pasti permintaanya akan tinggi menjelang Hari Raya Idul Adha," katanya di Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Rusman mengatakan hal itu kepada wartawan di sela acara puncak Bulan Bakti Peternakan Tahun 2014 yang dipusatkan di "Rearing Farm" Manggala, Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) Baturraden di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas.

Oleh karena itu, kata dia, kemungkinan terjadinya kekurangan tidak mungkin terjadi.

"Kalau harganya naik, ya memang permintaan sapi tinggi sekarang ini dan sapinya juga pilihan karena untuk kurban tidak bisa sembarang sapi untuk sekadar daging," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, sapi tersebut harus memenuhi syarat-syarat hewan kurban. Dengan demikian, lanjut dia, tidak ada masalah terkait ketersediaan hewan kurban menjelang Idul Adha.

"Kenapa tidak ada masalah, karena baik peternak kecil maupun besar sudah mengantisipasi. Jadi kalau sapi kurang sebelum hari raya, itu karena mereka (peternak, red.) menahan sapi," katanya.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Syukur Iwantoro memperkirakan kebutuhan hewan kurban naik sekitar 10-15 persen daripada 2013. Menurut dia, kenaikan tersebut disebabkan meningkatnya pendapatan masyarakat.

"Tetapi stok dalam negeri cukup," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement