Sabtu 20 Sep 2014 19:00 WIB

Atasi Kebakaran Hutan, BPBD Sumsel Dapat Bantuan Rp12,2 Miliar

Kebakaran hutan
Foto: blogspot
Kebakaran hutan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan Rp12,2 miliar untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan di daerah Sumatera Selatan (Sumsel).

"Bantuan sebesar Rp12,2 miliar itu kami berikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk kebutuhan mengatasi kebakaran hutan di daerah setempat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Sabtu.

Dikatakannya, BNPB juga telah menyiapkan Rp16 miliar untuk dana tambahan yang nantinya digunakan sesuai kebutuhan yang ada saat penanggulangan.

Pemerintah setempat telah meminta bantuan kepada BNPB untuk menambah kekuatan guna melakukan pemadaman kebakaran itu dengan menggunakan helikopter pemboman air dan operasi hujan buatan.

Saat ini sudah ada satu helikopter jenis Bolco dan satu helikopter jenis MI-8 sejak Juli lalu dan mulai Senin (22/9) melakukan operasi hujan buatan akan menggunakan pesawat Hercules milik TNI-AU.

Operasi hujan buatan itu akan dilakukan dan dilaksanakan hingga Oktober dan itu nantinya sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan di lapangan, katanya.

Bukan itu saja operasi udara dengan pemboman air juga akan diperkuat dengan mendatangkan dua helikopter Kamov dari Johor Baru yang akan tiba di Palembang (29/9).

"Kami akan memaksimalkan kinerja di lapangan untuk melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di daerah ini dengan selalu berkoordinasi kepada pemerintah setempat dan unsur terkait lainnya," ucap pria yang akrab dengan awak media itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement