Jumat 19 Sep 2014 19:03 WIB

Jokowi Bakal Salin Sistem Unggulan DKI ke Nasional

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Joko Sadewo
Presiden terpilih Jokowi (Republika/ Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Presiden terpilih Jokowi (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) bertekad menyalin semua sistem unggulan di DKI Jakarta ke tingkat nasional. Sistem unggulan yang dimaksud Jokowi adalah sistem berbasis elektronik seperti e-budgeting, e-purchasing, dan IMB online.

Jokowi mengatakan, saat ini Pemprov DKI Jakarta tengah dalam proses menyempurnakan sistem tersebut. Misalnya, untuk sistem e-budgeting akan diterapkan total mulai tahun depan.

"Kalau tahun ini rampung, bisa di-copy. Misalnya IMB online rampung, copy. E-budgeting rampung, copy," ujarnya di Balai Kota, Jumat (19/9).

Jokowi menilai menerapkan sistem online seperti itu memang perlu waktu. Sebab, pemerintah harus merombak sistem secara besar-besaran. Belum lagi semua staf juga perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan sistem yang baru tersebut.

"Sistem baru itu perlu mempersiapkan SDM juga untuk mengikuti aturan dan regulasi yang ada. Kadang-kadang menyesuaikan itu tidak mudah," kata presiden terpilih yang baru akan dilantik pada 20 Oktober tersebut.

Selain lebih efisien, sambung Jokowi, sistem online juga dapat menutup celah korupsi. Sebab, tak ada lagi transaksi yang dilakukan secara tatap muka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement