Ahad 14 Sep 2014 15:19 WIB

Sepekan Terakhir Harga Ikan di Pekalongan Naik

Suasana di pasar ikan (ilustrasi)
Foto: Aditya Pradana/Republika
Suasana di pasar ikan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Dalam sepekan terakhir, harga ikan dan daging sapi serta kerbau di sejumlah pasar tradisional Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mengalami kenaikan.

Munaroh, pedagang ikan di Pekalongan mengatakan, selama sepekan terakhir harga ikan naik sekitar 10 persen hingga 20 persen sedang daging masih fluktuatif. "Kenaikan harga ikan karena faktor nelayan yang mengalami ketersendatan dalam mendapatkan solar sedangkan harga daging sapi naik akibat menjelang Idul Adha," katanya, Ahad (14/9).

Menurutnya dalam sepekan terakhir ini, pasokan ikan cenderung menurun karena banyak nelayan yang menunda berangkat melaut. Kenaikan harga ikan ini membuat para pembeli mengeluh, dan pedagang merugi karena mereka lebih memilih membeli makanan pendamping nasi jenis lainnya.

"Kami tidak bisa berbuat apa-apa sehingga kondisi ini berpengaruh menurunnya penjualan ikan yang mengakibatkan para pedagang merugi," katanya.

Harga ikan kakap semula Rp25 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp30 ribu/Kg, tongkol Rp20 ribu/Kg naik Rp25 ribu/Kg, pihi semula Rp27 ribu/Kg naik Rp30 ribu/Kg, dan bawal Rp15 ribu naik menjadi Rp18 ribu/Kg.

Sementara Daryati, pedagang daging sapi mengakui menjelang Hari Raya Idul Adha, harga daging sapi cenderung relatif stabil, yaitu mencapai sekitar Rp92 ribu per kilogram.

"Harga daging sapi masih relatif stabil. Akan tetapi kemungkinan harga daging sapi ini akan naik pada akhir bulan ini atau menjelang Idul Adha," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement