Sabtu 13 Sep 2014 12:12 WIB

Mau Perkuat Daya Saing Bangsa, ini Resep Wapres Boediono (V)

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah
Boediono
Boediono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai persona yang besar di dunia kampus, Wakil Presiden Boediono tentu memiliki sejumlah gagasan untuk diterapkan dalam rangka pembangunan perekonomian Indonesia.  Tak terkecuali dari sisi daya saing bangsa. 

Pada saat ini, menurut Boediono, perekonomian suatu negara dapat ambruk apabila tidak tahan terhadap tekanan yang melanda sewaktu-waktu. "Krisis bisa merusak daya saing bangsa," kata Boediono.

Untuk membangun daya saing bangsa, Indonesia harus memprioritaskan investasi di bidang pendidikan dan kesehatan.  Kemudian harus mendahulukan pembangunan sarana dan prasarana produksi.

Indoensia harus pula menerapkan kebijakan di bidang wirausaha dan menjaga adanya suasana kompetisi usaha yang efektif.  Di samping itu perlu dirumuskan pula kebijakan yang mendorong kelas menengah untuk berperan sebagai kelompok masyarakat yang produktif. 

"Dan semua itu tidak cukup apabila tidak dilengkapi pembangunan sistem pertahanan terhadap krisis," ujar Boediono.  Lebih lanjut, Boediono mengakui membangun daya saing bangsa bukan pekerjaan sederhana. 

Kesemua prioritas kebijakan yang disebutkan di atas mutlak dijabarkan menjadi langkah-langkah operasional, konkret yang konsisten satu sama lain saling bersinergi bukan saling bertabrakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement