Selasa 09 Sep 2014 17:07 WIB

SBY Jadi Nominasi Council Chair GGGI

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Foto: antara
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima kunjungan Direktur Jenderal the Global Green Growth Institute (GGGI) Yvo de Boer di kantor Presiden, kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (9/9).

Staf khusus presiden bidang hubungan internasional, Teuku Faizasyah mengungkapkan, inti pertemuan antara lain, penetapan SBY sebagai salah satu nominasi council chair GGGI.

GGGI merupakan organisasi internasional yang berbasis di Korea Selatan yang peduli terhadap keseimbangan pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan. Pimpinannya saat ini dijabat oleh Lars L Rasmussen.  

Yvo menambahkan, SBY merupakan sosok yang pas untuk menjadi salah satu pemimpin GGGI. SBY pun akan mengikuti pemilihan formal pada 13 November mendatang di kantor pusat GGGI, Seoul, Korea Selatan.

Menurutnya, jika nanti terpilih sebagai council chair, SBY tidak harus tinggal di Seoul. Namun, SBY diharapkan dapat meluang waktu beberapa pekan setiap tahun untuk memimpin organisasi.

Sekaligus memperkuat komunikasi dengan para pemimpin dunia perihal keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan.  

Tawaran dari GGGI mengonfirmasi pernyataan Teuku beberapa waktu lalu terkait aktivitas SBY usai pensiun sebagai presiden pada 20 Oktober 2014.

Menurutnya, banyak tawaran organisasi internasional bagi SBY agar bersedia menyumbangkan sumbangsih berupa tenaga dan pemikiran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement