Sabtu 06 Sep 2014 14:39 WIB

Jokowi Raih Penghargaan Sosok Inspirasi dari IKA-Unpad

(ka-ki): Sapta Nirwandar, Hamdan Zoelva, Muhammad Ridho Ficardo saat menerima penghargaan dari IKA-Unpad
Foto: ist
(ka-ki): Sapta Nirwandar, Hamdan Zoelva, Muhammad Ridho Ficardo saat menerima penghargaan dari IKA-Unpad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden terpilih Joko Widodo mendapat penghargaan dari Ikatan Alumni Universitas Padjajaran (IKA-UNPAD). Penghargaan diberikan karena Jokowi dipandang sebagai sosok yang memberi inspirasi. 

Ketua IKA-UNPAD Sapta Nirwandar mengatakan, penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi, kepercayaan dan mandat masyarakat Jawa Barat, yang diwakili para intelektual dan budayawan alumni Unpad kepada Jokowi yang kelak akan memimpin Indonesia selama lima tahun kedepan. 

“Sewajarnya kita memberikan penghargaan kepada beliau," ujar Sapta Nirwandar dalam acara Halal Bihalal Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA-UNPAD), Jumat.

Jokowi yang direncanakan menerima langsung penghargaan yang dikemas dalam bentuk cenderamata bersimbol Kujang tersebut batal hadir. 

"Cenderamata bersimbol Kujang yang kita berikan kepada Jokowi merupakan piandel atau berfungsi sebagai penguatan karakter, jatidiri. Kujang adalah simbol kosmologi kosmogoni Sunda; jagat leutik dan jagat gede urang Sunda. Apresiasi ini menjadi simbolisme perutusan, penguatan, dan keseimbangan interaksi bagi kepemimpinan Jokowi yang akan datang, khususnya bagi warga tatar Sunda,” terang Sapta. 

Tidak hanya Jokowi, penghargaan serupa juga diberikan kepada Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva dan Gubernur Provinsi Lampung Muhammad Ridho Ficardo. 

“Pak Hamdan melalui keputusannya --dan tentu dengan hakim-hakim MK yang lain-- berhasil mengantarkan demokrasi kita berjalan lebih manusiawi dan beradab. Sementara Ridho Ficardo, adalah Gubernur Provinsi Lampung termuda di Indonesia dan di Asia. Usia beliau 33 tahun ketika diangkat jadi Gubernur. Kedua tokoh ini adalah alumni Unpad. Mudah-mudahan hal ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat,” ujar Sapta yang juga Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.  

Turut hadir dalam acara tersebut para alumni IKA-Unpad, yang kini menduduki jabatan dan posisi pemerintahan dan legislatif. Diantaranya Ketua Mahkamah Menteri Perencanaan Pembangunan /Kepala Bappennas Prof. Armida Salsiah Alisjahbana dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung.

Hadir pula Menteri Perindustrian Indonesia dan mantan Ketua KADIN Mohammad Sulaeman Hidayat, Anggota DPR RI Ferry Mursyidan Baldan, Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim, Bupati Kuningan Jawa Barat, Utje Ch. Hamid Suganda dan Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Prof. DR. Ganjar Kurnia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement