Kamis 04 Sep 2014 14:34 WIB

Sutiyoso: Jual Pesawat tak Akan Bisa Tutupi Kebocoran Anggaran

Rep: c73/ Red: Esthi Maharani
Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Sutiyoso
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Sutiyoso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Sutiyoso menilai hasil penjualan pesawat kepresidenan tidak akan signifikan untuk menutupi kebocoran anggaran subsidi BBM.

"Hasil penjualan itu tidak akan signifikan jumlahnya, paling gak ada Rp1 triliun. Tidak sebanding," tutur mantan gubernur DKI Jakarta ini kepada Republika, Kamis (4/9).

Menurutnya, menjual barang bekas dipastikan memperoleh hasil di bawah harga pembeliannya. Di samping itu, pembelian pesawat juga telah dihitung untung ruginya oleh pemerintah lama dan didukung oleh DPR.

Ia menambahkan, membeli pesawat itu lebih hemat daripada menyewa. Apalagi mengantisipasi ke depan, dengan gaya kepemimpinan Jokowi yang senang blusukan akan menyebabkan pemborosan, jika harus menyewa pesawat komersial.

Di samping itu, pesawat kepresidenan dirancang sedemikian rupa untuk tempat bekerja sekaligus istirahat presiden. Karena itu menurutnya, hendaknya menghitung secara cermat apa keuntungan yang akan diperoleh dari menjual pesawat kepresidenan tersebut.

Sebelumnya pada Senin (1/9), Ketua DPP PDI Perjuangan, Maruarar Sirait menyarankan agar pesawat kepresidenan dijual. Meski pun, Boeing Business Jet 2 itu baru beberapa bulan dibeli dengan harga 91,2 juta dolar AS atau sekitar Rp 820 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement