Selasa 02 Sep 2014 18:56 WIB

Komentar CT Soal Menteri yang akan Undur Diri

Menko Perekonomian Chairul Tanjung.
Foto: Republika/Prayogi
Menko Perekonomian Chairul Tanjung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung memberikan komentarnya terkait tujuh menteri yang belum mengundurkan diri setelah secara resmi terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019.

"Pasti mereka harus mengundurkan diri. Tentang pengganti mereka nanti presiden yang akan menunjuknya," kata Chairul Tanjung (CT) di Jakarta, Selasa.

Sebagaimana diberitakan, terdapat tujuh menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II yang melenggang ke parlemen setelah terpilih melalui Pemilu Legislatif 2014.

Di antara mereka ada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, Menkop dan UKM Syarief Hasan, Menteri Perhubungan EE Mangindaan (ketiganya anggota DPR terpilih dari Partai Demokrat) serta Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan (Partai Amanat Nasional).

Selanjutnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring (Partai Keadilan Sejahtera) serta Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zainy dan Menakertrans Muhaimin Iskandar (keduanya dari Partai Kebangkitan Bangsa).

Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan, menteri wajib mengundurkan diri apabila terpilih menjadi Anggota DPR. Alasannya untuk menghindari rangkap jabatan sebagai anggota kabinet dan DPR.

Setidaknya, para menteri tersebut harus segera memastikan pengunduran diri mereka sebelum pelantikan anggota DPR pada 1 Oktober 2014.

Sudi mengatakan, kekosongan jabatan akan diambil alih oleh menteri koordinator terkait. Sebagai contoh, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dapat ditangani oleh Menko Bidang Perekonomian Chairul Tanjung.

Mensesneg juga mengharapkan kekosongan jabatan menteri itu nantinya tidak mengganggu jalannya roda pemerintahan hingga presiden dan KIB berakhir 20 Oktober 2014.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement