Selasa 12 Jul 2016 23:44 WIB

Harga Cabai Merah Keriting di Pasar Induk Kramat Jati Berangsur Turun

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Angga Indrawan
Cabai merah dan rawit di pasaran
Foto: Koran Jakarta
Cabai merah dan rawit di pasaran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Raya Idul Fitri 1437 H sudah hampir sepekan berlalu. Harga sejumlah komoditas di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, pun mulai menurun. Beberapa barang dagangan yang mengalami penurunan harga itu di antaranya adalah cabai merah keriting dan bawang merah.

Berdasarkan pantauan pada Selasa (12/7), harga cabai merah keriting di Pasar Induk Kramat Jati kini berkisar Rp 14 ribu per kg. Harga tersebut jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pada waktu menjelang Idul Fitri lalu yang sampai menembus Rp 35 ribu per kg.

Bawang merah di sana hari ini dijual seharga Rp 30 ribu per kg. Padahal, sehari sebelum Lebaran, harga komoditas tersebut sempat melambung mencapai Rp 45 ribu per kg. Sementara, harga bawang putih relatif stabil pada kisaran Rp 30 ribu per kg.

"Harga bawang sudah mulai turun sejak akhir pekan lalu," kata salah seorang pedagang bawang dari UD Nababan di Pasar Kramat Jati, Daniel F, kepada Republika, Selasa (12/7).

Ia menuturkan, harga bawang merah dan cabai merah keriting di pasar itu mengalami kenaikan pada Selasa (5/7) pekan lalu atau H-1 Idul Fitri. Namun, dua hari setelah Lebaran, harga komoditas tersebut berangsur-angsur mulai turun kembali.

"Sejak sehabis Lebaran, rata-rata ada penurunan harga bawang merah Rp 1.000 hingga Rp 3.000 setiap harinya," ucap Daniel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement