Ahad 24 Aug 2014 09:48 WIB
Misi Mendaratkan Kendaraan di Komet 67P

Kendaraan akan Didaratkan di Komet 67P pada November 2014

Rep: Nur Hasan Murtiaji/ Red: Joko Sadewo
Rosetta mendekati Komet 67P
Foto: www.esa.int
Rosetta mendekati Komet 67P

REPUBLIKA.CO.ID, Lima kemungkinan lokasi pendaratan akan diidentifikasi secara detail pada akhir Agustus 2014, sebelum akhirnya lokasi final pendaratan ditentukan pada pertengahan September. Jadwal akhir pendaratan Philae hingga saat ini diharapkan sudah bisa ditentukan pada 11 November.

"Kami akan konfirmasikan hal ini pada pertengahan Oktober," kata Taylor.

Terdiri atas wahana pengorbit dan pendarat, tujuan Rosetta mendekati Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko pada Agustus 2014 ini adalah untuk mempelajari objek tersebut dalam jarak dekat yang belum pernah terjadi sebelumnya sepanjang sejarah manusia. Tujuan lainnya adalah mendaratkan kendaraan di inti komet pada November 2014 dan melacak perubahan yang terjadi di komet sewaktu mendekati Matahari.

Menurut Taylor, misi paling ambisius adalah mendaratkan kendaraan penjelajah Philae ke permukaan komet pada November mendatang. Philae dilengkapi alat semacam tombak yang menjadi jangkar. Philae juga membawa sejumlah eksperimen, termasuk perangkat untuk mengebor material pembentuk komet.

Semakin mendekat ke Matahari, Komet 67P akan makin hangat sehingga selubung gas dan debu yang disebut sebagai koma mulai terbentuk. "Kami memiliki bukti keberadaan gas di koma, atmosfer terluar komet, yang terbuat dari debu dan gas," kata ilmuwan proyek ini, Matt Taylor.

"Kami juga memiliki instrumen di pesawat yang saat ini sudah mulai mengendus keberadaan gas ini. Kami mengumpulkan pula debu di koma pesawat. Semoga ini bisa dilakukan pekan ini," kata Taylor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement