Ahad 24 Aug 2014 09:30 WIB
Misi Mendaratkan Kendaraan di Komet 67P

Misi Pesawat tak Berawak Rosetta Ungkap Rahasia Komet

Rep: Nur Hasan Murtiaji/ Red: Joko Sadewo
 Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko
Foto: sci.esa.int
Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko

REPUBLIKA.CO.ID,  Wahana antariksa tak berawak Rosetta akhirnya mencapai target yang dituju setelah menempuh perjalanan selama 10 tahun, lima bulan, dan empat hari. Pesawat antariksa milik Badan Antariksa Eropa (ESA) ini pada 6 Agustus 2014 lalu telah berada di jalur orbit Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko.

"Setelah mengelilingi Matahari lima kali dan menempuh jarak lebih dari 6,4 miliar kilometer, kami mengumumkan akhirnya telah sampai (di orbit komet)," kata Direktur Jenderal ESA Jean-Jacques Dordain seperti dikutip dari situs resmi ESA.

Dengan menggendong tiga instrumen milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Rosetta menjadi wahana antariksa pertama buatan manusia yang berada dalam jarak paling dekat dengan Komet 67P.

Posisi komet maupun Rosetta pada pekan ini berjarak sekitar 411 juta kilometer dari Bumi. Jika Anda susah membayangkan, jarak ini sama dengan kurang lebih 10.106 kali keliling Bumi. Sekali mengelilingi Bumi, Anda menempuh jarak 40.073,83 kilometer. Jadi, setelah mengelilingi Bumi sebanyak 10.106 kali, sampailah Anda di komet tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement