Kamis 21 Aug 2014 08:01 WIB

CT Tolak Newmont Sebelum Cabut Gugatan Arbitrase

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Joko Sadewo
Chairul Tanjung
Foto: Republika/Prayogi
Chairul Tanjung

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta -- Pemerintah Indonesia masih menanti niat baik Newmont unuk berdamai. Namun hingga kini Newmont belum menunjukan keinginan untuk mencabut gugatan di pengadilan  arbitrase ICSID (International Center for the Settlment of Investment Disputer)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung mengatakan pemerintah mau berunding setelah Newmont resmi mencabut gugatan tersebut. Chairul menjanjikan perundingan ulang bisa disegerakan.  "Begitu dia (Newmont) cabut maka perundingan berjalan karena sudah ada benchmark Freeport, jadi dalam waktu sangat cepat kita bisa lakukan," katanya kemarin.

Kini pemerintah juga tengah menyeleksi pengacara yang akan melawan Newmont di arbitrase. Kandidat yang dicari yaitu yang berpengalaman menangani kasus arbitrase internasional.

Setelah melayangkan gugatan, pihak Newmont berulangkali meminta dipertemukan dengan pemerintah. Namun permintaan ini ditolak mentah-mentah. Chairul berkeras baru akan menemui pihak Newmont begitu gugatan benar-benar dicabut.  "Ketemu mah gampang, setiap saat bisa ketemu," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement