Ahad 10 Aug 2014 16:09 WIB

Mensos Bantu Keserasian Sosial 10 Desa

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri memberikan bantuan keserasian sosial kepada 10 desa di Sulawesi Tengah sebagai upaya menciptakan kesejahteraan.

Bantuan senilai Rp1,1 miliar tersebut diserahkan secara simbolis saat seminar di Universitas Islam Alkhairaat, Kota Palu, Ahad.

Sepuluh desa yang mendapatkan bantuan itu berada di Kabupaten Tojo Una-Una, Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Sigi.

Selain bantuan keserasian sosial, Menteri Sosial juga menyerahkan bantuan berupa dana bedah kamar warga lanjut usia (lansia) tak mampu yang masing-masing mendapatkan dana sebesar Rp10 juta.

Menteri Sosial juga menyempatkan meninjau salah rumah warga lanjut usia tak mampu di Jalan Wahid Hasyim Kota Palu.

Dia berharap berbagai bantuan keserasian sosial itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kepekaan sosial di masyarakat.

Kementerian Sosial sendiri mendukung berbagai kegiatan yang dilaksanakan tersebut yang hingga kini sudah berjalan efektif di 33 provinsi di Indonesia.

Bagi setiap warga yang belum disentuh program bisa mengajukan usulan untuk selanjutnya diverifikasi kelayakan, termasuk uji petik di lokasi sasaran.

Dalam pelaksanaan keserasian sosial di tengah masyarakat, katanya, Kemensos tidak bekerja sendirian melainkan bersinergi dengan menggandeng berbagai elemen masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), karang taruna, tokoh masyarakat dan tokoh agama, pemuda, dunia pendidikan dan dunia usaha.

"Keserasian sosial yang didukung berbagai elemen masyarakat menjadi sistem peringatan dini adanya potensi konflik di satu wilayah," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement