Sabtu 09 Aug 2014 22:41 WIB

Summer Kitersurfer Camp Promosikan Banyuwangi di Dunia Internasional

Aksi para atlet kitesurfer
Foto: Istimewa
Aksi para atlet kitesurfer

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI -- Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, event Summer Kitesurf Camp yang diikuti banyak pihak dari luar negeri ini menjadi salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata Banyuwangi. Khususnya di wilayah utara, setelah sebelumnya wilayah selatan telah lebih dulu dikenal lewat wisata pantai seperti Pantai Pulau Merah, Plengkung, dan Sukamade.

“Satu lagi potensi pariwisata Banyuwangi yang tergali. Pulau Tabuhan menyimpan pesona yang belum diketahui banyak orang. Pasir putih yang halus, air laut yang jernih dan biota lautnya yang menawan. Kami ingin Pulau Tabuhan menjadi destinasi idola, sehingga makin banyak wisatawan. Tujuan akhirnya apalagi kalau bukan kesejahteraan masyarakat,” kata Anas, dalam siaran persnya kepada ROL,Sabtu (9/8).

Ajang ini, ujar Anas, merupakan pemanasan sebelum agenda sesungguhnya, yakni International Event Kitesurfing and Windsurfing Competition pada 2015 yang digelar tahun depan dalam rangkaian Banyuwangi Festival 2015.

Pulau Tabuhan sendiri merupakan sebuah pulau kecil tidak berpenghuni yang berada di wilayah utara Banyuwangi. Untuk mencapai lokasi tersebut harus menyeberang kurang lebih 15 menit dari Pantai Bangsring dengan menggunakan perahu. Di sepanjang perjalanan menuju pulau dengan pantai berpasir putih bersih ini wisatawan bisa menikmati pemandangan menawan gradasi warna laut mulai hijau, biru muda sampai biru tua. Kejernihan air juga bakal memanjakan wisatawan yang gemar berolahraga air seperti snorkling.

Kitesurfing adalah olahraga selancar di permukaan air yang menggabungkan beragam unsur, mulai dari selancar angin, selancar, paralayang, bahkan senam menjadi satu jenis olahraga. Kitesurfing memanfaatkan angin guna mendorong sang atlet untuk menaklukkan air dengan papan selancar kecil. Para atlet atau pengendara di papan selancar dihubungkan dengan sebuah layang-layang paralayang. Para atlet akan berlomba melintasi air dan terkadang di udara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement