Sabtu 02 Aug 2014 01:21 WIB

Provinsi Ini Ekspor Daging Pala ke Italia

Buah Pala (ilustrasi)
Foto: wordpress.com
Buah Pala (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor daging pala kering ke Italia memenuhi permintaan dari negara tersebut yang terus meningkat.

"Daging pala kering yang diekspor ke Italia pada pekan ketiga bulan Juli 2014 sebanyak 43 ton dengan sumbangan devisa sebesar 116.097 Dolar Amerika Serikat (AS)," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut T Hasudungan Siregar di Manado, Jumat (1/8).

Daging pala, katanya, sangat diminati oleh masyarakat Italia karena akan dibuat sebagai rempah-rempah, aroma terapi dan bahan baku farmasi dan juga makanan ringan.

Hasudungan mengatakan produk turunan pala memang sangat diminati masyarakat di Asia, Eropa, Amerika maupun Afrika, sehingga diharapkan hal ini, mampu dimanfaatkan petani.

"Diharapkan para petani mampu memanfaatkan hal ini dengan meningkatkan kualitas produksi," katanya.

Memang, katanya, kualitas produk turunan pala asal Sulut sudah sangat diakui dunia sehingga permintaan dari berbagai negara terus berdatangan.

Karena kualitas yang tinggi, katanya, sehingga produk pala asal Sulut memenuhi 70 persen permintaan pasar dunia.

Sentra produksi pala dan turunannya berada di Kabupaten Kepulauan Sitaro di Sulut. Pemerintah akan terus memfasilitasi agar para eksportir mampu mendapatkan pasar baru untuk memasarkan komoditi unggulan daerah.

Selain mencari pasar baru bagi eksportir, pemerintah juga memberikan berbagai kemudahan dalam pengurusan berkas tidak dipungut biaya apapun.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement