Jumat 25 Jul 2014 13:20 WIB

Jenderal Fan Temui Menhan Bahas Kerjasama Pertahanan Indonesia-Cina

Rep: mgrol24/ Red: Didi Purwadi
Purnomo Yusgiantoro
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Purnomo Yusgiantoro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vice Chairman of The Central Military Commission PLA Cina, Jenderal Fan Changlong, melakukan kunjungan ke Kementerian Pertahanan Republik Indonesia pada 23–25 juli 2014. Pertemuan kedua negara ini memiliki kesamaan kepentingan yang memiliki tanggung jawab untuk pemeliharaan keamanan prasyarat dalam pencapaian kesajahteraan bersama.

Jenderal Fan Changlong bertemu Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Kantor Kementerian Pertahanan dalam pertemuan bilateral yang membicarakan tindak lanjut kerjasama pertahanan antara Pemerintah RI dan Republik Rakyat Cina.

Pertemuan bilateral ini merupakan implementasi dari kemitraan strategis (Strategic Partnership) yang ditandatangani oleh Presiden kedua negara pada tahun 2005 dan diperkuat dengan perjanjian kerjasama di bidang pertahanan pada tahun 2007 yang ditandatangani oleh menteri pertahanan kedua negara.

''Namun, kerjasama pertahanan kedua negara tersebut telah dimulai sejak 2006 dengan dilaksanakannya forum konsultasi bilateral (Bilateral Consultation) antara kedua Kementerian Pertahanan yang dipimpin oleh Sekjen Dephan RI,'' sebut Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan dalam rilisnya yang diterima Republika Online.

Sementara itu, forum bilateral di tingkat menteri pertahanan yaitu Strategic Dialogue, dimulai sejak tahun 2011 di Jakarta dan dilaksanakan setiap tahun secara bergantian. Pada tahun 2014 ini, Strategic Dialogue antara kedua Menhan akan dilaksanakan di Beijing pada Agustus mendatang.

Selain melakukan pertemuan bilateral di Kementerian Pertahanan, Jenderal Fan Changlong juga dijadwalkan mengunjungi Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI di Sentul, Bogor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement