Ahad 13 Jul 2014 10:34 WIB

Bupati Ajak Masyarakat Wujudkan Program Musirawas Darussalam

Program Musirawas Darussalam
Foto: [ist]
Program Musirawas Darussalam

REPUBLIKA.CO.ID, MUSIRAWAS -- Bupati Musirawas, Sumatera Selatan H Ridwan Mukti mengajak masyarakat setempat mendukung untuk mewujudkan program "Musirawas Darussalam" termasuk tiga pilar yaitu Musirawas sehat, cerdas dan mapan.

"Meskipun saya sudah habis masa jabatan 2015 program tersebut hendaknya dilanjutkan dan digaungkan oleh bupati pengganti saya, sehingga apa yang dicita-citakan akan terwujud," kata Bupati Ridwan Mukti saat melakukan Safari Ramadhan, Sabtu malam.

Ia menjelaskan, program Musirawas Darussalam tersebut adalah cikalbakal dari kearifan lokal, dimana dulunya Sumetera Selatan dikenal dengan Palembang Darussalam dan Kota Waliullah yakni kota dibentuknya para Wali Allah.

Namun para wali ini tidak akan muncul tanpa generasi yang qur'ani, maka dari itu semuanya ada dalam program Mura Darussalam yakni pemberantasan buta aksara Al-Quran di tingkat generasi muda dikemas dalam program khatam.

Tidak sebatas itu saja tapi harus di tingkatkan dalam hafizd Al-Quran dan seterusnya, namun program ini lambat laun harus berkonsep tidak bergantung pada anggaran daerah (APBD), tapi program yang memang sudah terpanggil sendiri dari masyarakat.

Begitu juga dengan pengajian atau majelis taklim tidak hanya sebatas paguyuban dan pertemuan semata, namun harus ditingkatkan lagi dalam pengajian sesungguhnya mengkaji substansi atau isi dari ajaran Islam yang benar.

"Dulu pernah ada yang usul agar program ini dibuatkan Peraturan Daerah (Perda), namun saya bilang tidak usah karena Mura Darussalam adalah perwujudan tanggung jawab moral bukan hukum, kalau dibuat dengan perangkat hukum maka akan cendrung akan dilanggar," jelasnya.

Mengenai makna dari tiga pilar di atas yaitu Musirawas Sehat, diharapkan seluruh masyarakatnya sehat jasmani dan juga sehat rohaninya, Musirawas Cerdas tidak hanya secara duniawi tapi juga cerdas ukhrowi dan program Musirawas Mapan masyarakatnya tidak hanya mapan secara ekonomi saja namun mapan dalam arti suka berbagi.

"Untuk mewujudkan cita-cita tersebut memang tidak mudah, karena itu semuanya mulai dari masyarakat hingga pejabat pemerintah harus mendukung percepatan program Mura Darussalam," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement