Selasa 08 Jul 2014 14:29 WIB

Kawasan Kars Gunung Sewu Diusulkan Jadi Global Geopark Network

Rep: neni ridarineni/ Red: Esthi Maharani
Surono
Foto: Antara
Surono

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Kawasan Kars Gunung Sewu yang berada di tiga provinsi (DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur) diusulkan menjadi Global Geopark Network (GGN) .

Hal itu dikemukakan Kepala Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Surono pada wartawan di Kepatihan Yogyakarta, Selasa

(8/7) usai mendampingi  Asesor Global Geopark Network UNESCO Kristin Rangnes bertemu dengan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X.

Menurut dia, masuk tidaknya Kawasan Kars Gunung Sewu menjadi  Global Geopark Network, itu akan diputuskan  oleh tim dari GGN UNESCO di Canada bulan September 2014 ini.

"Diusulkannya Kawasan Kars Gunung Sewu ini menjadi Global Geopark karena ada berbagai keunikan antara lain: ada sungai bawah tanah, ada tumbuhan yang tumbuh di daerah kapur, batu-batuannya unik ,flola dan fauna serta kebudayaannya juga  unik," jelas Mbah Rono, panggilan akrab  Surono.

Ia mengatakan di Kawasan Kars Gunung Sewu sini  masyarakat hidup harmoni tanpa merusak, tetapi dengan kreativitas masyarakat justru masyarakat hidup di kawasan ini.

"Misalnya, di sini masyarakat ada yang membuat topeng dari kayu dan pewarna dari tumbuhan yang hanya hidup di kawasan kars ,''jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement