Jumat 04 Jul 2014 00:34 WIB

Pemda DIY Ajukan Tambahan CPNS 1.074 Orang

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Chairul Akhmad
Tes CPNS.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Tes CPNS.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Pemda DI Yogyakarta resmi mengajukan tambahan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada rekrutmen 2014 sebanyak 1.074 orang.

“Hal itu sesuai kekurangan abdi negara yang ada,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY Agus Supriyanto, di DPRD DIY, Kamis (3/7).

Agus mengatakan, pemerintah pusat sudah memberikan garansi untuk tambahan CPNS di DIY. Namun, dia enggan memastikan berapa jumlah kuota yang diberikan. "Pemerintah pusat menyetujui pengajuan tambahan CPNS dari DIY,tetapi berapa jumlahnya kami belum tahu,'' tuturnya.

Ketua Komisi A DPRD DIYAhmad Subangi mengatakan, dari informasi yang dihimpun Komisi A DPRD DIY, kuota CPNS yang diberikan untuk DIY hanya sekitar 142 orang.  Namun, belum diketahui kuota tersebut untuk formasi apa saja.

Berdasarkan evaluasi selama 2013 persoalan yang  mendasar adalah kompetensi. ''Kompetensinya masih kurang. Sehingga pelatihan peningkatan kapasitas harus dilakukan,'' ujarnya.  

Dalam rekrutmen CPNS Pemda DIY, saran dia,  agar benar-benar berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan. ''Kalau asal buka rekrutmen namun tidak sesuai kompetensi, ya sama saja. Keuangan daerah malah membengkak,'' kata dia. 

Karena itu, dia berharap agar formasi  CPNS yang diberikan untuk DIY benar-benar yang sesuai dibutuhkan agar pelayanan lebih maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement