Senin 30 Jun 2014 12:33 WIB

Pramuka Ciptakan Generasi Muda Berkarakter

Pramuka (ilustrasi)
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Pramuka (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono mengatakan bahwa gerakan pramuka bisa menciptakan?generasi muda yang berkarakter dan mampu bersaing dalam pembangunan.

"Karena itu gerakan pramuka harus bersifat total," kata Agung Laksono di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan, gerakan pramuka merupakan salah satu ujung tombak pendidikan karakter bangsa. Lebih lanjut Agung mengatakan, pemerintah mengapresiasi sepak terjang gerakan pramuka selama ini.

"Gerakan pramuka telah membantu pemerintah dalam?melaksanakan pendidikan karakter kepada generasi muda," katanya.

Gerakan pramuka, tambah Agung, telah juga melaksanakan pendidikan-pendidikan keterampilan kepada anggotanya, sehingga mendorong mereka untuk mampu mandiri secara ekonomi yang dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan rakyat.

Melalui pencanangan revitalisasi Gerakan Pramuka tahun 2006, dan pemberlakuan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010, tentang Gerakan Pramuka, kata dia, pemerintah telah menunjukan komitmen yang kuat dalam mendorong gerakan pramuka.

"Pemerintah mendorong gerakan pramuka?untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai organisasi kepanduan dan sebagai organisasi yang paling konsisten melaksanakan kegiatan-kegiatan pendidikan karakter kepada anggotanya," tuturnya.

Dia juga menegaskan bahwa tantangan gerakan pramuka semakin berat di masa mendatang. "Selain dihadapkan dengan persoalan kapasitas dalam menyelenggarakan pendidikan karakter, gerakan pramuka juga dihadapkan pada berbagai problematika generasi muda saat ini," katanya

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement