Ahad 22 Jun 2014 14:49 WIB

Warga Sukabumi Rasakan Gempa Tasikmalaya 5,5 SR

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Joko Sadewo
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -— Sebagian warga Kota Sukabumi merasakan getaran gempa 5,5 skala richter (SR) yang berpusat di Kabupaten Tasikmalaya, Ahad (22/6). Bahkan, sebagian diantaranya keluar rumah khawatir terjadi gempa susulan.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa terjadi sekitar pukul 13.38 WIB dengan titik koordinat 8.16 LS – 107.89 BT dan kedalaman 12 kilometer. Guncangan gempa berada di 75 kilometer Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya.‘’Geterannya cukup kuat,’’ ujar salah seorang warga Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kurnia (29 tahun).

Beruntung, getarannya hanya berlangsung beberapa detik saja. Menurut Kurnia, sejumlah warga ada yang keluar rumah karena khawatir terjadi gempa susulan. Namun, mereka kembali ke dalam rumah setelah dipastikan tidak terjadi gempa kembali.

Warga lainnya, Agus (37) mengatakan, guncangan gempa terjadi saat ia bersama keluarganya berkumpul di dalam rumah. ‘’Gempa cukup terasa, tapi berlangsung singkat,’’ ujar dia. Hingga kini belum dilaporkan adanya rumah yang mengalami kerusakan akibat peristiwa tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement