Selasa 17 Jun 2014 18:03 WIB

Hatta Janjikan Bank Khusus Petani dan Nelayan

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Esthi Maharani
Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Calon wakil presiden nomor urut satu, Hatta Rajasa mengatakan Indonesia harus kuat dan mandiri di bidang pangan dan energi.

"Kita harus kuat dan mandiri di bidang pangan, energi dan ketahanan bangsa," ujar Hatta, Selasa (17/6).

Dari sisi pangan, Hatta menyebut Prabowo-Hatta akan membuka lahan-lahan pertanian baru sekurang-kurangnya 2 juta ha.  Hal tersebut dimaksudkan agar produksi pangan dan kesejahteraan petani yang menjadi bagian dari masyarakat meningkat.  

Prabowo-Hatta juga menjanjikan keberadaan bank khusus petani maupun nelayan sebagai upaya memperkuat dua profesi yang mendominasi tenaga kerja Indonesia itu.  

Sementara untuk energi, Hatta mengambil contoh masih kerap padamnya listrik di sejumlah daerah di Kepulauan Riau seperti Bintan dan Karimun.  Jika terpilih kelak, permasalahan listrik akan diselesaikan.

Ketua Umum PAN ini menyebut pendidikan adalah kunci keberhasilan bangsa.  Jika terpilih kelak, Hatta bersama Prabowo akan mewujudkan pendidikan gratis selama 12 tahun.  Hal ini akan diikuti oleh perbaikan maupun penguatan sarana dan prasarana pendidikan seperti gedung sekolah.  

Begitu pula dengan peningkatan kesejahteraan guru.  Menutup orasinya, Hatta mengajak masyarakat Kepulauan Riau, berkampanye menyosialisasikan visi misi Prabowo-Hatta dengan beretika dan berbudaya.  

"Insya Allah, Allah SWT beri kemudahan untuk kemenangan 9 Juli 2014," kata Hatta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement