Sabtu 14 Jun 2014 02:46 WIB

753 Taruna Akademi TNI-Polri Kunjungi Bumi Marinir

Pasukan Marinir TNI AL
Foto: Blogspot
Pasukan Marinir TNI AL

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak 753 taruna dan taruni dari Akademi TNI dan Polri mengunjungi Bumi Marinir Karang Pilang, Surabaya, Jumat, yang diterima oleh Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso.

Kunjungan ratusan taruna dan taruni dalam rangka Bhinneka Eka Bhakti (BEB) Tahun 2014 itu menitikberatkan pada pengetahuan dan wawasan tentang ciri khas suatu satuan, tugas dan fungsi dari tiap-tiap satuan operasional TNI dan Polri, serta peninjauan alutsista dan demontrasi atau peragaan latihan.

Serangkaian kegiatan dalam BEB itu nantinya dapat menjadi bekal untuk meningkatkan kompetensi dan daya pikir taruna dan taruni untuk mencapai profesionalisme yang memiliki keahlian "expertise" ketarunaan, "responsibility" dan jiwa korsa atau lebih dikenal dengan "Esprit de Corps".

Ke-753 taruna dan taruni Akademi TNI (Akmil, AAL dan AAU) yang terdiri dari 411 taruna dan 38 taruni serta 304 Taruna Akpol (254 Taruna dan 50 Taruni) itu dipimpin oleh Dirmin Akademi TNI Laksma TNI Bambang Riatmaja, Danmenchandradimuka Akademi TNI Kolonel Paskhas Lintong Siregar, Kakor Bintarsis Akpol Kombes Pol Hery Wibowo, para staf Akademi TNI dan para pengasuh taruna.

Dalam sambutannya, Komandan Pasmar-1 mengatakan kegiatan BEB dilaksanakan untuk membekali para taruna dan taruni tentang tugas dan fungsi satuan-satuan TNI dan Polri, serta membuka wawasan, pandangan dan pemahaman serta penghayatan para mereka tentang identitas, ciri khas dan jatidiri satuan-satuan TNI dan Polri.

"Selain tujuan-tujuan di atas, tujuan yang terpenting dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkembangkan jiwa dan semangat integrasi dan menjalin kebersamaan serta kekompakan antara TNI dan Polri," kata orang nomor satu di jajaran Pasmar-1 tersebut.

Dalam kesempatan itu, Komandan Pasmar-1 memaparkan Tugas Pokok Korps Marinir kepada para Taruna dan Taruni TNI/Polri, yang dilanjutkan dengan pemutaran film Profil Korps Marinir, lalu diakhiri dengan sesi tanya jawab dan tukar menukar cenderamata.

Setelah itu, para taruna dan taruni berkesempatan menyaksikan berbagai demonstrasi, di antaranya demonstrasi terjun payung oleh prajurit Batalyon Taifib-1 Mar, demonstrasi penembakan Meriam Howitzer 105 MM oleh prajurit Resimen Artileri-1 Marinir, dan demonstrasi bela diri karate oleh para prajurit Pasmar-1 serta peninjauan kesenjataan yang dimiliki Korps Marinir di lapangan apel Karangpilang.

Di akhir acara yang juga dihadiri Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Purwadi, Danmenart-1 Mar Kolonel Marinir M. Nadir, Danmenbapur-1 Mar Letkol Marinir Iwan Hermawan, dan Danlanmar Surabaya Letkol Marinir Ludi Prastyono itu, para Taruna dan Taruni mempertunjukkan yel-yel Taruna TNI dan Taruna Polri serta demonstrasi Haka-haka oleh para prajurit Pasmar-1.

Sebelumnya (12/6), Batalyon Infanteri-1 Marinir di lingkungan Korps Marinir dan Batalyon Infanteri 500/Raider di lingkungan Kodam V/Brawijaya mengalami pergantian komandan.

Komandan Brigade Infanteri-1 Marinir Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto melantik Mayor Marinir Edi Prayitno sebagai Komandan Batalyon Infanteri-1 Marinir.

Mantan Danyon Marhanlan X Jayapura tersebut dilantik sebagai Komandan Batalyon Infanteri-1 Marinir menggantikan pejabat lama Letkol Marinir Sulistyo Tri Yuliarto yang akan menempati jabatan baru sebagai Paban Opslat di Staf Operasi Pasmar-1.

Pada waktu yang sama, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko melantik Mayor Inf Mulliadi untuk mengemban tugas barunya sebagai Komandan Batalyon Infanteri 500/Raider menggantikan Letnan Kolonel Inf Lucky Avianto.

Mayor Inf Mulliadi sebelumnya menjabat sebagai Ps. Kasi Ops Rem 083/BDJ, sedangkan Letnan Kolonel Inf Lucky Avianto akan menempati jabatan barunya sebagai Dandim 0829/Bangkalan Rem 084/BJ.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement