Kamis 12 Jun 2014 20:22 WIB

MA Lantik 21 Ketua Pengadilan Tinggi Tingkat Banding

Rep: c75/ Red: Bilal Ramadhan
Gedung Mahkamah Agung
Foto: Republika/Yasin Habibi
Gedung Mahkamah Agung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Mahkamah Agung (MA) melantik dan mengambil sumpah jabatan 21 orang Ketua Pengadilan Tinggi Tingkat Banding, Kamis (12/6). Pemilihan (Ketua) tersebut dilakukan berdasarkan pertimbangan melihat rekam jejak, potensi individu dan kebutuhan karakter khusus di  masing-masing wilayah.

”Hari ini ada 21 kepala pengadilan tingkat banding yang baru sehingga dalam periode ini adalah pelantikan yang terbanyak,” ujar Ketua MA, Hatta Ali di Gedung MA, Kamis (12/6).

Ia mengingatkan kepada 21 ketua tersebut bahwa tugas dan tantangan saudara tidak semakin ringan. Namun, semakin komplek ke depannya. Menurutnya, iamemastikan jajaran di bawah bergerak ke arah yang sama. Serta mencegah kesalahan-kesalahan menyimpang yang selalu menghantui kredibilitas lembaga peradilan.

Hatta Ali mengatakan dalam organisasi mana pun, penempatan orang yang tepat di tempat yg tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan organisasi.  Penempatan ulang pejabat dalam prinsip call of duty merupakan bagian dari dinamika organisasi.

Yang berfungsi untuk membentuk, menajamkan profesionalisme dan mematangkan kepribadian pejabat sebagai bagian dari pematangan karir dengan tujuan memperoleh SDM unggulan di berbagai sektor. Ia meminta ketua pengadilan tingkat banding harus memastikan dan unit yang dipimpin kepada momentum pembaruan peradilan.

Berikut nama-nama pejabat ketua Pengadilan Tinggi yaitu Ketua Pengadilan Tinggi/Tindak Pidana Korupsi Semarang Muh Daming Sunusi; Ketua PT/Tindak Korupsi Palembang, Nommy H Siahaan; Ketua PT/Tipikor Pekanbaru, Yohanes Ether Binti; Ketua PT/tipikor Palangkaraya, Hesmu Purwanto; Ketua PT/Tipikor Jambi, Adam Hidayat Abu Atiek; Ketua PT/Tipikor Banda Aceh, Chaidir; Ketua PT/tipikor Banten, Arwan Byrin; Ketua PT/Tipikor Jayapura,Sudiwardono; Ketua PT/Tipikor Banjarmasin, Machmud Rachimi.

Selain itu ada Ketua PT Agama Kupang, Bambang Ali Muhadjir; Ketua PT Agama Jambi, Djajusman; Ketua PT Agama Banten, Abu Amar; Ketua PT Agama Samarinda, Yamien Awie; Ketua PT Agama Manado, Muslimin Simar; Ketua PT Agama Pekan Baru, Alimin Patawari; Ketua Agama Makassar, Hasan Bisir; dan Ketua PT Agama Pontianak, Bahrussma Yunus.

Juga ada Kepala Pengadilan militer Utama, Brigjen TNI Mulyono; Kepala Pengadilan Militer Tinggi I Medan, Kolonel CHK. Yan Akhmad Mulyana, Kepala Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya, Kolonel CHK Hidayat Manao.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement