Ahad 08 Jun 2014 11:59 WIB

Para Insinyur Ciptakan Robot Sperma

Rep: c91/ Red: Joko Sadewo
 Sperma (ilustrasi)
Foto: ibnujafar86.wordpress.com
Sperma (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Robot berbentuk sel sperma telah berhasil diciptakan oleh para insinyur. Robot itu dikontrol menggunakan medan magnet.

Robot ini memiliki kepala berlapis logam dan tubuh yang dapat bergerak fleksibel yaitu sekitar enam kali lebih lama dari sperma manusia. Desain tersebut cukup sederhana.

Medan magnet yang digunakan tak lebih kuat dari magnet kulkas. Tim ahli di Belanda menciptakan robot agar dapat "berenang" ke depan dan mengarahkan ke arah tujuan yang ditetapkan.

Mereka berharap temuan yang sudah dipublikasikan di Jurnal Applied Physics Letters, akan berguna dalam aplikasi medis dan manufaktur. "Kami telah menciptakan mikro-robot yang terinspirasi bentuk dan pergerakan sel sperma, tetapi ini benar-benar kami buat di laboratorium," ujar Dr Sarthak Misra, seorang insinyur robotika, seperti melansir BBC.

Para insinyur ini juga menciptakan semacam kopling ekor magnetik untuk mengarahkan pergerakan sel darah merah, atau untuk mengendalikan pergerakan sperma. Robot mirip sel sperma ini terbuat dari polimer

yang kuat tetapi fleksibel, dengan lapisan logam yang dicat di ujung kepalanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement