Ahad 08 Jun 2014 11:46 WIB

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PKPU-PT SGS Tanam 4.000 Mangrove

Menanam mangrove
Foto: Istimewa
Menanam mangrove

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (5/6) yang ke-42, Lembaga Kemanusiaan Nasional (PKPU) bersama PT SGS Indonesia, menanam 4.000 bibit mangrove, Sabtu (7/6). Sebanyak 200 bibit mangrove di antaranya ditanam dengan menggunakan teknik guludan.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program penanaman 10 ribu bibit mangrove. Pada tahun 2012 yang lalu telah dilakukan penanaman sebanyak 3,000 bibit mangrove.

Menurut Center for International Forestry Research (CIFOR), hutan mangrove merupakan pendukung berbagai jasa ekosistem, termasuk produksi perikanan dan siklus unsur hara. Namun luas hutan mangrove telah mengalami penurunan sampai 30–50% dalam setengah abad terakhir ini karena pembangunan daerah pesisir, penebangan yang berlebihan dan perluasan pembangunan tambak.

 

Lahan bekas tambak yang terendam air cukup dalam, dapat direhabilitasi dengan penanaman mangrove melalui teknik guludan.  Jenis yang ditanam dengan teknik ini biasanya adalah Rhizophora mucronata dan Avicennia spp.

Kegiatan ini tidak hanya fokus pada penanaman bibit saja, namun merupakan program pelestarian mangrove secara holistik melalui penanaman dan rehabilitasi mangrove. Selain itu, terdapat pula edukasi terpadu terkait peran mangrove terhadap kualitas lingkungan dan pemanfaatan biodiversitas mangrove.

PKPU dan PT SGS berkomitmen untuk konsentrasi pada pemberdayaan wilayah pesisir, salah satunya adalah ekosistem mangrove kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. "Dengan adanya program penanaman mangrove ini, diharapkan dapat menginspirasi dan bermanfaat serta menjadi sarana perbaikan lingkungan," ujar Agung Notowiguno, Presiden Direktur PKPU, dalam siaran persnya kepada ROL, Ahad (8/6).

Acara ini juga dihadiri oleh Guy Escarfail, presiden direktur PT. SGS, Jaja Suharja sebagai Kepala Bidang Dinas Kelautan dan Pertanian, dan Tomy Hendrajati selaku Deputi RRM (Resource and Relation Management) PKPU.

Dalam sambutannya, Jaja Suharja mengucapkan terima kasih pada PKPU dan PT. SGS Indonesia. "Terima kasih pada PKPU dan PT. SGS untuk kerjasamanya yang kesekian kalinya dalam merehabilitasi lahan-lahan hijau Jakarta. Terutama mangrove yang berada di ruang terbuka hijau pemda DKI Jakarta." katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement