Jumat 06 Jun 2014 04:19 WIB

Polda Metro Anggarkan 12,5 M untuk Pemeriksaan Kesehatan 2015

Rep: c70/ Red: Mansyur Faqih
Personel polisi
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Personel polisi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Metro Jaya Kombes Pol Musyafak menganggarkan Rp 12,5 miliar untuk pemeriksaan kesehatan anggota polisi pada 2015.

"Tahun ini (2014) untuk medical check up itu anggarannya hanya Rp 7,5 miliar dan hanya menjangkau 40 persen dari jumlah total anggota 32 ribu personil," kata Musyafak di Mapolda Metro Jaya, Kamis (5/6).

Menurutnya, keputusan untuk menaikan anggaran tersebut agar lebih banyak anggota yang bisa melakukan cek kesehatan. Tambahan dananya diambil dari alokasi dari dana penggobatan kesehatan anggota.

"Dana pengobatan untuk anggota yang sakit pada 2014 sejumlah Rp 11 miliar. Itu terlalu banyak sisanya, jadi saya kurangi, sekarang jadi Rp 6 miliar," ujarnya.

Ia akan mengajukan rencana alokasi tersebut ke Kepala Biro Rencana dan Anggaran (Karo Rena) Polda Metro Jaya. Selanjutnya, Karo Rena Polda akan menginformasikan ke Karo Rena Markas Besar (Mabes) Polri.

"Medical check up salah satunya untuk pemeriksaan narkoba jadi bukan hanya untuk berobat," ujarnya.

Dokkes telah mensosialisasikan pola hidup sehat kepada anggota Polda Metro Jaya dan jajaran. Selain makan teratur, istirahat cukup dan olahraga, ada pula pemeriksaan kesehatan. 

Sayangnya, keterbatasan dana hanya mencakup 40 persen dari 32 ribu jumlah total anggota. Prioritas utama yang harus melakukan cek kesehatan adalah anggota berusia di atas 40 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement