Kamis 05 Jun 2014 22:35 WIB

Muhaimin: Transmigrasi Harus Jadi Penopang Pembukaan Lahan Pertanian

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Maman Sudiaman
 Kawasan pemukiman transmigrasi di Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar, Sambas, Kalimantan Barat.  (Republika/Edwin Dwi Putranto)
Kawasan pemukiman transmigrasi di Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar, Sambas, Kalimantan Barat. (Republika/Edwin Dwi Putranto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, pemerintah memfokuskan pelaksanaan program transmigrasi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Termasuk pembukaan lahan bagi pertanian sehingga dapat menjadi sumber ketahanan pangan nasional.

Untuk medukung hal tersebut, ujar Muhaimin,  Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan bekerja sama secara lintas sektoral termasuk melibatkan peran Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menjaga kawasan-kawasan transmigrasi yang berada di perbatasan. "Transmigrasi harus menjadi penopang pembukaan lahan baru pertanian yang memang kurang di Jawa," ujarnya, Kamis, (5/6).

Program transmigrasi, terang Muhaimin,  akan menjadi sumber ketahanan pangan nasional. Untuk meningkatkan kualitas program transmigrasi sangat membutuhkan keterlibatan lintas sektoral antara lain Kementerian Pertanian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pekerjaan Umun dan Bappenas serta  instansi terkait lainnya sehingga dapat mengembangkan daerah transmigrasi.

"Transmigrasi harus melibatkan semua pihak lintas sektoral sehingga ada kebijakan-kebijakan.  Mungkin melalui inpres dari sektor-sektor tertentu seperti kesehatan, pendidikan, PU untuk lebih intens lagi menganggarkan untuk infrastruktur penopang kawasan transmigrasi," ujar Muhaimin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement