Rabu 04 Jun 2014 13:00 WIB

Mahasiswa Unbraw Temukan Pengawet Ikan Asin Alami

Ikan asin
Foto: Dedhez Anggara/Antara
Ikan asin

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat menemukan bahan pengawet alami kombinasi antara teh dan daun pandan atau "Komhandan" untuk pembuatan ikan asin.

Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang pengabdian Masyarakat Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB), Ali Wafa, di Malang, Rabu, mengatakan pemilihan teh karena bahan baku itu mempunyai kandungan tanin, flavonoid sebagai antimikroorganisme.

Sedangkan, daun pandan yang mengandung saponin dan fenol berkhasiat sebagai antibakteri.

"Kedua unsur alami itu digunakan untuk menggantikan formalin sintetis sebagai pengawet produk ikan asin. Penggunaan kombinasi teh dan daun pandan ternyata mampu menghasilkan rasa yang lebih lezat dan memperpanjang umur simpan ikan asin," katanya.

Keunggulan lain dari kedua bahan tersebut, lanjutnya, adalah mudah didapatkan ketimbang formalin yang hanya dapat dibeli di toko tertentu.

Untuk memperkenalkan Komhandan tersebut, mereka di antaranya mensosialisasikannya kepada para anggota PKK Desa Tambakrejo di kawasan Pantai Sendangbiru, Kabupaten Malang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement