Selasa 27 May 2014 11:54 WIB

Pekan Informasi Nasional 2014 Usung Keunikan Budaya

Pekan Informasi Nasional 2014
Pekan Informasi Nasional 2014

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pejabat Kemenkominfo Freddy H. Tulung menilai ajang Pekan Informasi Nasional (PIN) 2014 yang digelar di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mencerminkan keunikan budaya bangsa melalui penampilan festival seni dari berbagai provinsi.

"PIN tahun ini menekankan pada penampilan keunikan budaya lokal sehingga masyarakat semakin terpapar informasi tentang budaya mereka masing-masing," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo) itu dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (27/5).

Ia mengatakan semakin dikenalnya budaya berikut karakternya di kalangan masyarakat membuat mereka akan semakin mengerti arti pentingnya melestarikan dan memperkuat karakter budaya sebagai cara untuk menampilkan jati diri dalam berbangsa.

Menurut dia, melalui PIN ke-6 itulah bisa diinformasikan keunikan budaya lokal dengan baik kepada masyarakat.

PIN merupakan festival hasil karya kreatif masyarakat dalam berbagai bidang, terutama di bidang teknologi informasi dari masyarakat berbagai provinsi di Tanah Air.

Acara itu digelar secara rutin setiap tahunnya sebagai rangkaian acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei. "Perbedaan pelaksanaan PIN 2014 dari tahun sebelumnya, karena aspek kebudayaan sebagai wadah komunikasi dan informasi lebih ditonjolkan," kata Freddy.

Ia berpendapat adanya penampilan seni dan budaya daerah pada acara puncak PIN merupakan bagian dari upaya mengingatkan masyarakat pada keragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.

Selain itu, ia menekankan kesenian budaya daerah-daerah sebagai bagian dari wadah komunikasi dan informasi tradisional harus terus dikembangkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement