Rabu 21 May 2014 17:06 WIB

Elpiji Melon Mulai Langka di Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Asep K Nur Zaman
Elpiji 3 kilogram.
Foto: Prayogi/Republika
Elpiji 3 kilogram.

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Keberadaan elpiji tiga kilogram di pasaran Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mulai langka. Krisis persediaan "elpiji melon" ini terutama melanda daerah selatan dan perbatasan dengan Kota Sukabumi.

Kelangkaan diduga akibat pergeseran pengguna elpiji 12 kilogram ke tiga kilogram. ''Dari laporan, sudah hampir sepekan warga kesulitan mendapatkan gas (ukuran melon),'' ungkap Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sukabumi, Ela Nurlela, kepada wartawan, Rabu (21/5).

Namun, untuk yang di perbatasan daerah, seperti warga Kecamatan Sukabumi dam Cicantayan, mereka  masih bisa mendapatkan gas dengan membeli ke wilayah seberang.

Kelangkaan itu,lanjut Ela, selain migrasi dari tabung gas 12 kg ke tiga kg, juga dipicu penerapan sistem rayonisasi yang sudah diberlakukan sejak 1 Mei lalu. Sehingga pada masa transisi ini memicu adanya kelangkaan.

"Kelangkaan juga akibat terhentinya distribusi gas elpiji akibat libur panjang pada ekan lalu," ungkap Ela.

Pemkab Sukabumi sudah meminta Pertamina untuk memasok kebutuhan warga. Ditargetkan, pada pekan ini kelangkaan gas di sebagian wilayah Sukabumi bisa diatasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement