Selasa 20 May 2014 20:43 WIB

Wagub Kalteng Waspadai Kasus Pedofilia

Seorang anak mengikuti aksi menentang kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Seorang anak mengikuti aksi menentang kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Achmad Diran, meminta semua pihak agar waspada kasus pedofilia atau kekerasan seksual terhadap anak yang semakin marak beberapa pekan terakhir ini.

''Sampai sekarang di provinsi ini belum ada informasi terjadi kasus pedofilia, tapi bukan berarti tidak perlu waspada,'' kata Wagub Kalteng di Palangka Raya, Selasa.

"Saya tidak ingin mendengar di Kalteng ada anak-anak menjadi korban pedofilia di Kalteng. Semua harus waspada, tanpa terkecuali," tambah Diran.

Wagub mengatakan korban pedofilia tidak hanya rawan terjadi di sekolah, melainkan anak-anak panti asuhan maupun pesantren. Untuk itu, orangtua maupun pengurus pesantren dan panti asuhan harus lebih peka dan waspada.

Wagub mengatakan upaya pencegahan dapat dilakukan dengan sering berkomunikasi kepada anak-anak di bawah umur terkait masalah pedofilia serta tindakan yang harus dilaksanakan jika menjadi korbannya.

"Apabila sudah maghrib, anak-anak bagi beragama islam segera disuruh pulang ke rumah untuk salat dan yang kristiani bisa berkumpul ibadah keluarga. Intinya tetap waspada terhadap pencegahan korban pedofilia," kata Diran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement