Senin 19 May 2014 23:03 WIB

Minat Mahasiswa Indonesia Belajar di Austria Meningkat

Susahnya menjadi sarjana bagi kalangan tak mampu di negeri ini (ilustrasi).
Foto: zonaberita.com
Susahnya menjadi sarjana bagi kalangan tak mampu di negeri ini (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minat mahasiswa Indonesia untuk belajar di Austria meningkat dari tahun ke tahun dan sebanyak 20 mahasiswa telah mengikuti wawancara untuk mengikuti program beasiswa yang disediakan oleh ASEA-UNINET tahun ini guna melanjutkan studi di tingkat pasca sarjana dan doktoral.

"Dua orang guru besar dari Austria datang ke Jakarta baru-baru ini untuk mewawancarai para calon dan masih tersedia kesempatan bagi yang berminat belajar di negara kami," kata Duta Besar Austria untuk Indonesia, Andreas Karabaczek, kepada Antara di Jakarta, Senin (19/5).

Program beasiswa ASEA-UNINET terselenggara berkat kerja sama dengan the Austrian Academic Exchange Service dan Kementerian Urusan Universitas di Thailand serta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

ASEA-UNINET merupakan Jejaring Universitas Akademik ASEAN-Eropa yang didirikan oleh Austria, Indonesia, Thailand dan Vietnam pada 1994.

Asosiasi itu mendukung pertukaran ilmu pengetahuan antara 72 universitas yang menjadi mitranya. Universitas-universitas itu berada di Eropa (Austria, Republik Ceko, Denmark, Jerman, Yunani, Italia, Belanda, Rusia, Slowakia dan Spanyol) dan di Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Pakistan, Filipina, Thailand dan Vietnam).

Kegiatan utama dari jejaring itu mengelola dan menyediakan bantuan finansial untuk pertukaran pakar dan proyek-proyek riset bersama pascasarjana serta alih teknologi yang terkait dengan kegiatan ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement