Ahad 18 May 2014 09:28 WIB

Penjaga Pantai di Sukabumi Minim Perhatian Pemerintah

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil
Tampak sebuah keluarga sedang menikmati liburan di pantai.
Foto: corbis
Tampak sebuah keluarga sedang menikmati liburan di pantai.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Keberadaan penjaga pantai atau life guard di Kabupaten Sukabumi masih minim perhatian pemerintah. Padahal, selama ini para penjaga sudah optimal melayani pengunjung pantai.

Bahkan, terakhir penjaga pantai yang tergabung dalam Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu meraih prestasi dalam ajang kompetisi Life Guard Balawista tingkat nasional di Kabupaten Pangandaran awal Mei 2014 lalu. Tim Sukabumi tersebut mendapatkan  medali perak dan perunggu.

Pelatih life guard Balawista, Asep Edom mengatakan, seharusnya pemkab memberikan perhatian atas kinerja dan prestasi tim penjaga pantai Balawista Sukabumi. ‘’Seharusnya pemerintah peduli karena tim sudah membawa nama harum Sukabumi,’’ ujar dia.

Minimal kata Asep, perhatian ditunjukkan dengan adanya pembinaan kepada para penjaga pantai. Hal ini untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian penjaga pantai.Perhatian dari pemerintah kata Asep misalnya dilakukan di Bali. Pemerintah setempat memberikan pembinaan secara rutin kepada tim life guard. Akibatnya, pada kejuaraan nasional di Pangandaraan mereka meraih posisi teratas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement