Kamis 15 May 2014 01:52 WIB

DIY Tambah Jalan Layang Baru Mulai 2016

Pengerjaan proyek jalan layang Jombor arah ke Magelang di Yogyakarta.
Pengerjaan proyek jalan layang Jombor arah ke Magelang di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Pekerjaan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta merencanakan membangun lagi fly over atau jalan layang serta underpass atau jalan terowongan baru mulai 2016.

Kepala Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Dinas Pekerjaan Umum (PU) DIY Fathoni Jalaluddin di Yogyakarta, Rabu (15/5), mengatakan rencana itu antara lain pembangunan underpass di perempatan Kentungan (arah Kaliurang), perempatan Gejayan, serta perempatan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta.

"Rencana tersebut merupakan rencana jangka panjang untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas, apalagi akan segera dibangun bandara Internasional dan pabrik baja di Kabupaten Kulonprogo yang secara langsung akan membutuhkan kesiapan penambahan penopang kekuatan beban jalan," kata Fathoni.

Menurut dia, pembanguan fly over serta underpass baru itu, merupakan kelanjutan dari pembangunan fly over yang telah dilakukan sebelumnya di perempatan Jombor, Janti, serta Lempuyangan.

Pembangunannya, menurut dia, berdasar pada studi yang telah dilakukan sejak sekian tahun lamanya, mengacu pada kota-kota besar seperti DKI Jakarta. Selanjutnya, dalam studi tersebut nanti juga akan ditentukan perempatan mana yang tepat memakai underpass atau fly over.

"Yogyakarta tidak dapat terlepas dari pembangunan fly over atau underpass untuk mengurai kemacetan lalu lintas. Kami harapkan pada 2016 sudah bisa dimulai," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement