Jumat 09 May 2014 09:42 WIB

Dekopin Sempurnakan 'Blueprint Visi Koperasi' Lewat Lomba Karya Tulis

Logo Dekopin
Logo Dekopin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) saat ini tengah menyusun Blueprint (grand design) visi 2045 koperasi pilar negara. Dekopin juga membentuk holding company yang disebut rumah koperasi (Coop House) sebagai institusi yang menjalankan visi besar itu. 

Dalam rangka penyusunan Blueprint tersebut, sekaligus menyambut Hari Koperasi yang jatuh pada 12 Juli, Dekopin mengajak akademisi juga praktisi koperasi terlibat dalam penyempurnaan Blueprint melalui karya tulis yang akan dilombakan. 

"Dari lomba karya tulis ini diharapkan muncul gagasan-gagasan baru yang kreatif, inovatif dan progresif demi penyempurnaan Blueprint Visi Koperasi 2045," ujar Nurdin Halid selaku Ketua Umum Dekopin. 

Direktur Humas Dekopin Yosef Tor Tulus mengatakan, lomba karya tulis koperasi untuk akademisi dan praktisi koperasi ini mengangkat temat utama "Koperasi Pilar Negara". 

"Setiap karya tulis hanya mengulas dan memperdalam salah satu dari lima subtema yang sudah ditentukan," katanya dalam pernyataan tertulis. 

Lima subtema tersebut yakni "Koperasi- Melestarikan Bumi Dan Sumber Daya Alam", "Koperasi - Menjamin Kedaulatan Pangan Dan Energi", "Koperasi - Mengentaskan Kemiskinan Dan Pengangguran", Koperasi - Melestarikan Budaya Gotong-Royong & Kearifan Lokal", serta "Koperasi – Membangun Karakter Manusia Indonesia Berbasis Nilai-Nilai Koperasi".

Ketentuan lomba meliputi peserta adalah akademisi dan praktisi koperasi (baik sebagai pengurus, pengawas, anggota maupun karyawan koperasi), dan berdomisili di wilayah Indonesia, dengan karya tulis sepanjang 3.000-5.000 karakter.

Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada peringatan Hari Koperasi 12 Juli 2014 dengan hadiah Juara I  Uang Tunai Rp 15.000.000 dan Piagam Penghargaan, Juara II Uang Tunai Rp 12.500.000 dan Piagam Penghargaan, dan Juara III Uang Tunai Rp 7.500.000 dan Piagam Penghargaan. 

Selain Akademisi dan Praktisi Koperasi, Dekopin juga menggelar lomba karya tulis untuk wartawan. Lomba Jurnalistik Koperasi untuk Wartawan mengangkat tema utama “Memacu Kebangkitan Koperasi Indonesia”.

"Karya tulis bisa berbentuk berita, berita analisis, dan atau feature. Setiap karya tulis, harus menyertakan elemen peran dan keberadaan gerakan koperasi Indonesia yang diwadahi Dekopin. Panitia akan membantu wartawan peserta lomba, jika memerlukan wawancara dengan pengurus Dekopin," katanya.

Panjang karya jurnalistik 2.000-5.000 karakter dan peserta boleh mendaftarkan lebih dari 1 karya yang sudah pernah dimuat di media cetak dan online  pada periode waktu 1 Mei-1 Juni 2014.

Pemenang akan diumumkan saat hari koperasi 12 Juli 2014 dengan hadiah yang diserahkan Juara I Uang Tunai Rp 7.500.000 dan Piagam Penghargaan, Juara II  Uang Tunai Rp. 5.000.000 dan Piagam Penghargaan, serta Juara III Uang Tunai Rp. 3.000.000 dan Piagam Penghargaan.

"Lomba berlangsung mulai 1 Mei-30 Juni 2014 dan hasil karya dapat dikirimkan ke Humas Dekopin, Jl. Raya Pasar Minggu No. 97B Jakarta 12520 atau e-mail ke: [email protected]," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement