Senin 05 May 2014 13:34 WIB

Korban Pencabulan Emon Diduga Lebih dari 100 Anak

Rep: c57/ Red: Bilal Ramadhan
Pencabulan (ilustrasi)
Foto: bhasafm.com
Pencabulan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Sekretaris Jenderal Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Erlinda, mengaku korban pelecehan seksual di Sukabumi dengan pelaku Emon diperkirakan mencapai lebih 100 orang. Hal itu berdasarkan buku catatan harian Emon berisi nama-nama anak yang menjadi korbannya.

 

"Saya diskusi (dengan pelaku), tentang buku catatannya, kemungkinan besar lebih dari 100 korban anak," ujar Erlinda kepada wartawan di Kantor KPAI, Jakarta Pusat, Senin (5/5).

Ia menuturkan Emon merupakan sosok yang suka menggambar orang, namun porno. Serta tidak memiliki hidung. Jika tidak ada hidung dalam gambarnya, berdasarkan pendapat psikolog, Emon mempunyai gangguan seksual di atas batas normal.

Menurut dia, banyaknya pelecehan seksual yang terjadi kepada anak merupakan bencana nasional. Pihaknya pun merekomendasikan agar pelaku kekerasan seksual wajib direhabilitasi.

Erlinda mengatakan pihaknya beserta psikolog berjumlah tiga orang saat ini melakukan pendampingan terhadap korban dan keluarga korban. Pihaknya mengaku fokus terhadap keluarga korban. "Ada tim agar mereka (korban dan keluarga) tidak trauma," katanya.

Menurut dia, pendampingan akan terus berlanjut. Saat ini, pendampingan masih bersifat darurat selama satu bulan. Selebihnya akan dilakukan pada tiga bulan, enam bulan dan satu tahun kemudian.

Pihaknya pun akan menggelar Gebyar Anak Sukabumi agar (korban) mereka menjadi satu. Mereka akan diberikan sesuatu melalui permainan bekerjasama dengan asosiasi psikolog dan Dompet Duafa. "Kami melakukan pencegahan dan fokus di keluaga marjinal yang rentan mendapatkan kekerasan seksual," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement