Sabtu 03 May 2014 16:38 WIB

Truk Pengangkut Naskah UN Terbalik di Kisaran

Ujian Nasional (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Ujian Nasional (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Sebuah truk yang mengangkut naskah ujian nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat tahun 2014, sempat terbalik di wilayah Simpang Kawat, Kota Kisaran, tidak ada korban jiwa dan seluruh dokumen soal ujian keadaan aman.

Sekretaris Panitia Ujian Nasional (UN) Sumut, Yusri di Medan, Sabtu, mengatakan truk yang membawa naskah UN SMP tujuan Padang Lawas Utara (Paluta) dan Padang Lawas, terbalik pada Rabu (30/4).

Menurut dia, seorang personel kepolisian yang bertugas mengawal pengiriman naskah UN SMP tersebut mengalami luka ringan dan sudah mendapat pengobatan.

"Bahkan pada hari itu juga (Rabu, 30/4) sebuah truk khusus didatangkan dari Kota Medan untuk menggantikan truk yang terbalik, sehingga pengiriman naskah UN SMP tetap berjalan lancar seperti yang diharapkan bersama," ucap Yusri.

Dia menyebutkan, naskah UN SMP yang berada di truk yang terbalik itu, terpaksa secepatnya dipindahkan ke truk pengganti dan seterusnya berangkat ke Padang Lawas dan Paluta.

"Akhirnya naskah UN SMP yang dikirimkan ke Paluta dan Padang Lawas, sampai tepat waktu dan tidak terlambat," ujarnya.

Yusri menambahkan, truk yang terbalik tersebut, tidak hanya membawa naskah UN SMP ke Paluta dan Padang Lawas, tetapi juga ke Tapanuli Tengah, Sibolga, Humbang Hasundutan, Samosir, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara dan Labuhan Batu Selatan.

"Seluruh naskah yang dikirimkan tersebut telah sampai ke daerah tujuan dan tidak ada yang rusak dan mengalami kekurangan," ujar Sekretaris Panitia UN Sumut.

Seluruh naskah UN SMP tersebut diberangkatkan dari gudang percetakan Budi Utomo, Jalan Raya Medan Batang Kuis, Bandar Klippa, Kabupaten Deli Serdang.

Pelaksanaan UN SMP tersebut akan dimulai Senin hingga Rabu (5-7/5) di seluruh kabupaten/kota di Sumut.

Gudang percetakan Budi Utomo itu, menyimpan sebanyak 2.696 dus naskah UN SMP yang dikirim dari Bandung menggunakan enam truk besar.

Naskah UN SMP tersebut, berisi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Jumlah peserta UN SMP di Provinsi Sumut tercatat sebanyak 255.964 siswa, terdiri dari SMP 199.414 orang, MTs 52.602 orang, SMPT 925 orang SMP LB 172 orang dan Paket B, sebanyak 2.979 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement