Jumat 02 May 2014 12:28 WIB

Bandara Kao Akan Jadi Alternatif Bandara Babullah Ternate

Bandara Sultan Babullah di Ternate, Maluku Utara
Foto: Republika/Andi Nur Aminah
Bandara Sultan Babullah di Ternate, Maluku Utara

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Bandara Kao di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara dikembangkan menjadi bandara alternatif bagi Bandara Babullah di Kota Ternate, karena lokasi ke dua bandara ini saling berdekatan.

Kepala Dinas Perhubungan Telekomunikasi dan Informatika Malut, Taufik Madjid, Jumat, mengatakan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Pemkab Halut terkait pengembangan Bandara Kao menjadi bandara alternatif bagi bandara Babullah Ternate.

Nota kesepahaman antara Ditjen Perhubungan Darat dengan Pemkab Halut tersebut di antaranya mengatur masalah teknis mengenai pembangunan berbagai infrastruktur di Bandar Kao, seperti perpanjangan landasan dan fasilitas penunjang lainnya.

Ia mengatakan, Bandara Babullah yang merupakan pintu masuk dan keluar utama Malut melalui transportasi udara memang memerlukan bandara alternatif, karena bandara ini cukup potensial mengalami hambatan saat pendaratan pesawat, seperti berupa gangguan cuaca dan abu vulkanik saat Gunung Gamalama di Ternate erupsi.

Beberapa waktu lalu ketika Bandara Babullah tertutup abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama, pesawat yang akan mendarat di bandara itu terpaksa dialihkan ke Bandara Samratulangi Manado.

"Saat itu Bandara Kao sudah bisa dimanfaatkan pula sebagai bandara alternatif, tetapi hanya untuk pesawat kecil, sedangkan pesawat berbadan lebar tidak bisa karena landasannya tidak memungkinkan," katanya.

Di wilayah Malut sebenarnya sudah ada bandara lain yang bisa didarati pesawat berbadan lebar yakni Bandara Leo Wattimena Morotai, tetapi kurang efisien jika dijadikan bandara alternatif bagi Bandara Babullah karena letaknya cukup jauh.

Ia menambahkan, Pemprov Malut terus memprioritaskan pembangunan infrastruktur bandara di Malut, baik Bandara Babullah maupun bandara perintis di daerah ini untuk melancarkan arus transportasi udara sekaligus mendukung sektor kepariwisataan. 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement