Jumat 25 Apr 2014 19:31 WIB

Pewaris Dinasti Mega dan SBY Dulang Suara Tertinggi

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Joko Sadewo
Sekjen Partai Demokrat, Edhie baskoro Yudhoyono alias Ibas
Sekjen Partai Demokrat, Edhie baskoro Yudhoyono alias Ibas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah calon anggota legislatif (caleg) yang berasal dari keturunan 'penguasa partai politik' sukses mendulang suara tertinggi.

Puan Maharani, yang tak lain adalah anak dari Megawati Soekarnoputri, berhasil meraih suara terbanyak di dapil Jawa tengah V. Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPD yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Puan tercatat memperoleh sebanyak 369.927 suara. Nomor dua adalah Aria Bima dengan 96.163 suara. Perbedaan suaranya cukup jauh.

Di dapilnya, Puan mendapat banyak simpati masyarakat. Dapil yang dikenal sebagai basis PDIP itu mendukung penuh Puan untuk kembali menjadi wakil rakyat. Di dapil ini, artis Angel Elga yang dipasang PPP, gagal.

Takhanya Puan, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), yang merupakan anak kedua Ketua Umum DPP Partai Demokrat SBY, juga berhasil kembali ke DPR dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VII. Di dapil Jatim VII (Kabupaten Pacitan, Ngawi, Ponorogo, Trenggalek dan Magetan) 2 kursi DPR RI diraih Demokrat. Sekjen Partai Demokrat ini meraih suara tertinggi di internal partai.

Pada pemilu lima tahun yang lalu, Ibas berhasil melenggang ke Senayan dengan perolehan 327.097 suara. Kala itu, perolehan suara tersebut menempati posisi tertinggi secara nasional. Saat ini, anak kedua SBY ini hanya meraih 234 ribu suara. Namun demikian, partai Demokrat di dapil ini tetap meraih suara terbanyak. Perolehan suaranya mencapai 362.990. Posisi kedua ditempati PDIP dengan 339.288.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement