Jumat 25 Apr 2014 17:43 WIB

Bus Transjakarta Tabrak Lima Mobil di Pulomas

Rep: C61/ Red: A.Syalaby Ichsan
Bus TransJakarta tabrak tiang
Foto: Republika/Yasin Habibi
Bus TransJakarta tabrak tiang

REPUBLIKA.CO.ID, PULOMAS -- Kecelakaan Bus Transjakarta kembali terjadi. Kali ini, kecelakaan menimpa Bus Transjakarta koridor 10 dengan trayek Cililitan- Tanjungpriok,  berplat nomor polisi B 7258 IV.

Kendaraan massal itu menabrak lima mobil sekaligus di Jalan Ahmad Yani, Pulomas, Jakarta Timur, Jumat (25/4) siang. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak memakan korban jiwa.

Meski demikian, peristiwa tersebut menelan kerugian yang tidak sedikit sebab lima mobil yang ditabrak mengalami kerusakan cukup serius. "Tidak ada korban jiwa, tapi kendaraan yang tertabrak bus rusak berat," jelas Pardamaian (52 tahun), sopir Bus Transjakarta itu.

Kecalakaan yang dialami oleh Pardamaian, pengemudi Bus Transjakarta itu, disebabkan rem yang blong sehingga laju bus tidak bisa dikendalikan.

Menurut Pardamaian, sebelum bus mengalami rem blong, sebenarnya bus tersebut sudah dicek sesuai dengam prosedur. Saat pengecekan, bus yang ia kemudikan layak beroperasi. Pardamaian pun tak menyangka hal itu terjadi.

Dia baru menyadari jika bus yang dikendarainya bermasalah saat akan mengangkut penumpang. Setelah itu,  Pardamaian langsung putar balik ke arah Pulomas untuk kembali ke pool."Di tengah perjalanan rem blong sehingga bus menabrak mobil lain," tuturnya.

Saat bus berputar arah menuju Pulomas, secara tiba-tiba menabrak mobil Toyota Innova bernopol  B 1759 CKE. Karena benturan yang sangat kencang, membuat mobil Innova ini terpental sejauh sekitar 10 meter hingga terbentur trotoar.

Kemudian Bus transjakarta juga menambrak  mobil Daihatsu Xenia berplat polisi B 1695 FFZ hingga terbalik dan mengalami kerusakan body mobil bagian belakang dan kaca bagian samping pecah.

walaupun bus berwarna orange tersebut dudah menabrak dua mobil. Namun, laju bus itu belum berhenti sehingga menabrak tiga mobil secara beruntun yang ada di depannya. Yakni  Taksi Pusaka dengan nomor polisi B 1980 UTA, hingga ringsek, selanjutnya  Daihatsu Xenia dengan kerusakan ringan bagian kiri belakang.

Terakhir yang tertabrak adalah mobil Toyota Corola Altis bernopol  B199 TVA juga rusak parah dibagian depan.  Bus Transjakarta itu baru bisa berhenti setelah melewati halte Pulomas.  Akibat peristiwa ini kemacetan panjang terjadi di Jalan Ahmad Yani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement