Kamis 24 Apr 2014 14:53 WIB

Suswono: Pangan dan Energi Isu Krusial di Masa Depan

Menteri Pertanian Suswono meninjau jaringan irigasi di Pekalongan, Jawa Tengah
Foto: kementan
Menteri Pertanian Suswono meninjau jaringan irigasi di Pekalongan, Jawa Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menteri Pertanian Suswono mengatakan pangan dan energi akan menjadi isu yang krusial di masa depan. Sebabnya, terjadi peningkatan permintaan seiring bertambahnya populasi bertambah yang jauh melampaui pasokan.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan hal itu pada Seminar Nasional Kebijakan Pembangunan Pertanian Untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Energi dalam Menyongsong Era Asia, yang digelar oleh Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) di kampus Kentingan, Solo, Kamis (24/4).

Menurut Suswono pada era perdagangan bebas, produk-produk pertanian akan menghadapi tantangan berat. Hal ini mengingat tingkat produktivitas dan mutu produk yang dihasilkan masih rendah dan beragam.

Dikatakan, pada tahun 2015, pelaksanaan kerjasama bidang ekonomi di lingkungan ASEAN akan diwujudkan. ASEAN akan menjadi suatu wilayah yang terpadu secara penuh dengan ekonomi global. Karena itu ke depan perlu diupayakan untuk meningkatkan daya saing produk pertanian dengan tujuan pasar ekspor yang lebih luas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement