Jumat 11 Apr 2014 19:09 WIB

Ada Tren Pergeseran Pemerintahan Orang Tua ke Tokoh Muda

Rep: Andi Mohammad Ikhbal/ Red: Joko Sadewo
Ridho Ficardo
Foto: lampungnewspaper.com
Ridho Ficardo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemenangan calon Gubernur Lampung, Ridho Ficardo versi hitungan cepat, menambah deretan tokoh muda yang berhasil menjadi pimpinan daerah. Kehadiran figur tersebut diharap bisa membawa perubahan bagi provinsi ujung selatan pulau Sumatera itu.

Menurut hasil hitung cepat Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Ridho-Bakhtiar meraih suara terbanyak 43,66 persen. Calon kepala daerah kelahiran 1980 itu akan menjadi gubernur termuda pertama dalam sejarah pemilihan langsung.

Pengamat Politik UNPAD Bandung, Arry Bainus mengatakan, pemuda penuh gairah perubahan mulai mengisi pos-pos penting daerah. Fenomena ini menunjukan adanya pergeseran tren pemerintahan orang tua ke tokoh muda.

"Ada letupan harapan publik terhadap mereka karena kurangnya stok calon pemimpin baru," kata Arry saat dikonfirmasi, Jumat (11/4).

Dengan catatan, kata dia, para pemuda ini berasal dari kalangan profesional yang masih idealis. Sebab bisa jadi preseden buruk kalau mereka adalah orang-orang tanpa pengalaman dan maju karena suatu paksaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement