Rabu 02 Apr 2014 19:52 WIB

Menhut Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

Menhut Zulkifli Hasan menyerahkan bantuan KBR
Foto: istimewa
Menhut Zulkifli Hasan menyerahkan bantuan KBR

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga alam dan lingkungan sekitar. Perubahan iklim yang terjadi saat ini disebabkan manusia yang kurang peduli dengan alam.

"Harusnya semuanya itu djaga agar alam yang sehat, air yang bersih dan lingkungan yang asri dapat terus kita nikmati,“ kata Menhut di Balai Desa Segobancang, Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoardjo, Jawa Timur, dalam siaran pers yang diterima Republika Online  (RoL), Senin (1/4).

Dalam kesempatan itu, Menhut menyerahkan bantuan KBR kepada 4 kelompok tani sebesar, masing-masing Rp50 juta, dan menyerahkan Program Pengembangan Masyarakat Perdesaan Berbasis Konservasi (PPMPBK) kepada 3 kelompok tani. Menhut juga menyerahkan bibit tanaman yang diterima secara simbolis oleh perwakilan warga. Setelah itu Menhut melakukan penanaman pohon buah Mangga.

Selanjutnya Menhut melanjutkan kunjungan kerjanya ke PT Integra Sidoardjo Indocabinet yang berada di Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo . Perusahaan Integra adalah perusahaan kayu besar yang 90 persen hasil produksinya telah diimpor ke luar negeri.

Dalam kesempatan Menhut menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada perusahaan PT Integra Indocabinet yang telah berhasil mengembangkan inovasinya, kreativitasnya namun tetap menjaga hutan lestari.

“Saat ini Industri Kehutanan telah berkembang sangat pesat di Pulau Jawa. Sebanyak 375 pabrik industri telah ada dan tumbuh pesat. Karenanya saya berharap apa yang telah dilakukan di Pulau Jawa dengan turut melibatkan peran serta masyarakat sebagai penyedia bahan baku dapat ditularkan dan menjadi contoh untuk saudara-saudara kita yang ada di Kalimantan dan Sumatra, “ pungkas Menhut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement