Ahad 23 Mar 2014 16:29 WIB

Johan: Apa Benar Anas Berikan Data Seperti Itu ke KPK?

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Mansyur Faqih
Johan Budi
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Johan Budi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Komisi Pemberantaan Korupsi (KPK) Johan Budi mengatakan, belum tahu data seperti apa yang disampaikan Anas Urbaningrum terkait penggunaan dana Century untuk biaya kampanye Demokrat. 

"Apa benar Anas memberikan data seperti itu ke KPK? Kami harus melakukan pengecekan dulu. Benar atau tidak Anas memberikan data itu," kata Johan, Ahad, (23/3). 

Di KPK itu, ujar Johan, saat berbicara harus ada bukti dan fakta. Tidak bisa menjadikan omongan sebagai dasar tuduhan.

"Kalau memang nanti informasi itu benar dan datanya ada, maka KPK akan mendalami informasi yang diberikan. Namun saat ini yang paling penting di-cross check adalah benarkah data itu sudah diberikan kepada KPK?" kata Johan.

Menurutnya, KPK belum tahu data yang dimaksud  pengacara Anas mengenai dana Century untuk kampanye. Mulai dari bentuk dana hingga penggunaannya. 

Karenanya, ia pun membantah tuduhan Demokrat yang merasa dipojokan. Menurutnya, KPK tak pernah  menuding Demokrat terkait dana Century pada pilpres pemenangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada pemilu 2009. 

"Kalau KPK di sini netral tidak bermaksud menuding atau memojokkan siapa pun. Benar atau tidak informasi  soal dana kampanye Demokrat, pengacara Anas yang bilang," kata Johan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement